PROFILE

IKITAS (Inkubator Kreasi dan Inovasi Telematika Semarang) adalah inkubator untuk pembinaan dan pengembangan usaha kreatif bidang ICT yang bertujuan untuk membantu wirausahawan yang mandiri, tangguh, dan mampu bersaing secara Global di Semarang.

JALINAN KERJASAMA IKITAS

PEMERINTAH DAERAH

INDUSTRI

SMA / SMK

INKUBATOR KREASI INOVASI DAN TELEMATIKA SEMARANG (IKITAS)

 

IKITAS (Inkubator Kreasi dan Inovasi Telematika Komunitas)  adalah lembaga inkubasi yang bertujuan menghasilkan pelaku-pelaku usaha (Start Ups) yang bergerak di bidang industri telematika/industry TIK dengan bidang sasaran industrinya adalah software/apps, multimedia, desain grafis, game/permainan interaktif, dan jaringan komputer

 

SEJARAH

Sejarah Berdirinya IKITAS

IKITAS didirikan atas dasar dorongan komunitas Telematika/Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ada di Jawa Tengah  untuk menjadi lembaga yang bisa memfasilitasi :

  1. Pelatihan ketrampilan di bidang TIK secara berkelanjutan dan berkesinambungan.
  2. Menginkubasi bisnis produk atau jasa yang dihasilkan dari kemampuan ketrampilan yang telah diberikan selama pelatihan di bidang TIK.
  3. Melakukan akselerasi bisnis dari pelaku usaha yang diinkubasi untuk dapat pendanaan dari Modal Ventura (Venture Capital).

Sehingga di tahun 2011 awal inisiasi pendirian IKITAS dideklarasikan sebagai lembaga Inkubator. Sepanjang tahun 2011-2013 aktifitas IKITAS difokuskan pada pelatihan-pelatihan di sektor industry Telematika/TIK.

 

Kemudian di tahun 2013 dari pihak pemerintah daerah Propinsi Jawa Tengah memfasilitasi tempat di Jl. Bukit Unggul No 2 Semarang untuk operasionalisasi peran IKITAS untuk memfasilitasi penumbuhan pelaku usaha di industri Telematika/TIK.

Kegiatan yang sudah dilakukan IKITAS disambut baik oleh Pemerintah Pusat melalui Direktorat Industri Telematika dan Elektronika Kementerian Perindustrian RI,  diberikan fasilitasi peralatan produksi senilai 1,4 M di tahun 2014.

Apresiasi pemerintah pusat berlanjut hingga akhirnya IKITAS dikunjungi oleh  Direktur Industri, IPTEK, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif BAPENAS di Tahun 2015. Dan diproyeksikan dalam  Program Nasional (RPJM 2015-2019) yakni Program Nawa Cita Presiden Joko Widodo Pembangunan 100 Technopark Indonesia

Tindak lanjut dari kunjungan Bappenas akhirnya IKITAS diundang untuk melakukan  Kegiatan Kick Off Program 100 Technopark di Bandung yang di hadiri Menko Bidang Pembangunan Manusia Ibu Puan Maharani dan Menristek Dikti Bapak Muhammad Natsir.

Hingga saat ini sudah ada 4 Kementerian dan Lembaga yang membina IKITAS yakni :

  1. Kementerian Perindustrian melalui Dirjen Industri Logam Mesin Alat Pertanian dan Telematika.
  2. Kementerian Ristek Dikti melalui Dirjen Sistem Inovasi.
  3. Balitbang Kementerian Komunikasi dan Informatika
  4. Badan Ekonomi Kreatif

VISI ” Menjadi Inkubator Bisnis berkelas dunia yang menghasilkan digipreneur berdaya saing global”

MISI

1. Melakukan sosialisasi dan edukasi untuk mengembangkan potensi industri telematika/TIK di tingkat lokal/regional.

2. Memberikan pelatihan dan pendampingan berkelanjutan serta fasilitasi sarana dan prasarana bagi startup industri telematika/TIK.

3. Melakukan inovasi dan komersialiasi produk Telematika

4. Mengupayakan akses pasar, permodalan dan perlindungan HAKI lokal dan global.

INKUBATOR KREASI DAN INOVASI TELEMATIKA SEMARANG(IKITAS)

Vivamus suscipit tortor eget felis porttitor volutpat. Proin eget tortor risus. Praesent sapien massa, convallis a pellentesque nec, egestas non nisi. Pellentesque in ipsum id orci porta dapibus. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur

Jalan Menoreh 1 No 35 A

Telp : (024) 818345