Serunya Pelatihan “Pembuatan Aplikasi Sederhana Multiplatform” Angkatan I

Serunya Pelatihan “Pembuatan Aplikasi Sederhana Multiplatform” Angkatan I

Satu Minggu yang lalu, tepatnya tanggal 19 Mei – 24 MEi 2014 Inkubator Kreasi dan Inovasi Telamatika Semarang – IKITAS bekerjasama dengan BPSDM dan PIKM DInas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Jateng telah mengadakan pelatihan PEMBUATAN APLIKASI SEDERHANA MULTIPLATFORM di Lab Komputer BPSDM dan PIKM Jl Tambak Aji Semarang. Peserta yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah rata – rata masih berstatus Mahasiswa jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan jurusan-jurusan lain yang berhubungan dengan Teknologi Informasi.

_DSC0631

Pelatihan ini merupakan pelatihan Angkatan Pertama. Peserta diajarkan bagaimana membuat Aplikasi sederhana multiplatform dengan menggunakan sederetan aplikasi mulai dari coding, sampai compile file seperti eclipse, notepad++, phonegap dan aplikasi lainnya. Antusiame peserta sangat besar, ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang berasal dari luar kota seperti Kudus, Purwokerto, Kendal, dll. yang meluangkan waktunya untuk bisa datang dan mengikuti pelatihan selama satu minggu.

_DSC0701

Pembicara pada Pelatihan Pembuatan Aplikasi Sederhana Multiplatform diisi oleh Bp. Mohamad Habibi, S.Kom dosen tamu Universitas Diponegoro. Selama Pelatihan, Pak Habibi menjelaskan tentang seputar dunia teknologi informasi khususnya tentang perkembangan software dan aplikasi di handphone. Platform yang dibahas dalam pelatihan seperti blackberry, android, dan iOS. Namun, pada pelatihan yang berlangsung tanggal 19 – 24 Mei 2014 Pak Habibi fokus pada satu platform saja yaitu Android karena ternyatasebagian peserta pelatihan menggunakan gadget dengan OS Android.

Tak hanya itu, setelah pelatihan selesai, para peserta menginginkan dibuatnya forum agar komunikasi antar peserta tetap berjalan dan pelatihan bisa diadakan rutin supaya ilmu yang didapat dalam pelatihan tidak hilang begitu saja. semoga materi yang sudah di sharing oleh Pak Habibi dapat diterapkan dan dikembangkan dengan baik oleh mahasiswa – mahasiswa dari USM,  UNDIP,  UNSOED, UMK, UNNES,dll serta guru-guru dari SMK di Pati ini.

_DSC0597

_DSC0612

_DSC0640

Untuk teman – teman yang belum lolos dalam seleksi Pelatihan Angkatan pertama, jangan khawatir yaa.. akan ada Pelatihan Angkatan kedua dan seterusnya. Pantau terus website IKITAS atau FansPage Komunitas Kreatif Digital uuntuk informais selanjutnya.

 

Salam Kreatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *